Pengertian Collision Domain pada Mikrotik

shares |

Collision Domain bekerja pada data link layer seperti perangkat jaringan bridge, hub, switch layer 2. Collision domain terjadi karena sebuah frame di jaringan yang saling terhubung, yang dapat bertabrakan  dengan satu sama lain.

Collision Domain adalah nama permasalah dalam sebuah jaringan, dimana paket-paket data tersebut dapat saling bertabrakan / berbenturan. Collision domain terjadi karena adanya Ethernet protokol pada sebuah jaringan.
Semakin banyak collision domain maka jaringannya semakin bagus dan lebih efesien. Dan untuk terjadinya collision semakin kecil kemungkinan bahkan tidak akan terjadi collision. Hub sama switch lebih cerdas karena switch langsung mengirim ke alamat tujuan.

Kenapa bisa terjadi Collision ?

Hub selalu mem-flooding (mengirim ke semua port kecuali port asal "internet") sebuah frame yang akan diterima dan dikirimkannya, karena ada dua frame yang masuk secara bersamaan, itulah yang akan terjadi collision. Collison domain terjadi karena mengirim sebuah packet data lebih dari satu pengirim dalam satu tujuan dalam segmen jaringan (satu network). Cara kerja Hub terjadi Collision yaitu kerika ada frame yang masuk pada hub , maka hub akan mengirimkan frame tersebut ke semua komputer yang terhubung dengan Hub.

Perlu kalian ketahui :
1. 1 hub seluruh port mempunyai 1 collision domain.
2. 1 switch setiap port yang aktif mempunyai 1 collision domain.
3. 1 router setiap port yang aktif mempunyai 1 collision domain.
Ini adalah gambar implementasi dari collision domain ..



Dapat dilihat dari gambar di atas ini, gambar ini memperlihatkan sebuah jaringan lan yang saling terhubung antara komputer satu dengan komputer lainnya. Disitu terdapat 4 komputer yaitu komputer A,B,C,dan D yang dihubungkan melalui hub. Seandainya Komputer C dan A mengirim data ke komputer D secara bersamaa maka akan terjadi tabrakan (collision) antara packet data dari komputer C dan A.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar